Rabu, 28 Desember 2011

Sebentar lagi kita memasuki tahun 2012, ada banyak hal yang akan terjadi disana, termasuk dikalangan para blogger mereka sudah ramai membicarakan tentang trend tips trik SEO tahun 2012. Lantas apa bedanya antara trik SEO tahun 2012 dengan tahun-tahun sebelumnya?

Seperti kita ketahui, tahun 2011 ini para blogger dan web master disibukkan dengan usaha perbaikan strategi pemasaran situs web mereka, karena tata cara mesin pencari dalam meranking posisi suatu artikel sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. sebut saja Google yang gencar melakukan berbagai resolusi baru semacam rilis algoritma Google Panda, dan lain sebagainya.

Lalu apa kira-kira trik SEO yang terbaik 2012 untuk di terapkan pada tahun 2012 nanti?

Menghadapi Trend SEO 2012


1. SEO On Page

SEO on page saya posisikan pada nomer urut pertama, karena berdasarkan rilis dari blog Google dan juga Willis Wee pendiri Penn Olson, mereka menekankan SEO on page untuk menghadapi algoritma Google yang terbaru.

SEO On Page memiliki banyak sisi, mulai dari meminimalkan eror script css dan html, ketepatan meta tag pada script situs/blog, loading halaman web/blog, dan sejenisnya.

2. Original Konten

Penekanan kedua yang saya perkirakan akan berefek besar pada SEO tahun 2012 adalah keaslian tulisan atau originalitas Content. Pastikan kamu menghindari segala macam plagiasi atau duplikat konten dengan jalan menulis artikel sendiri dan tidak melakukan copy-paste artikel. Hal ini bisa saya bilang sebagai salah satu kunci utama dari tekhnik seo pada tahun 2012 nanti.Original konten juga berlaku untuk original tittle (judul yang unik).


Saat kamu membuat artikel, usahakan berikan judul yang berbeda dari judul-judul artikel lain (baik di blogmu sendiri) maupun dengan judul artikel blog orang lain. Lalu jangan membuat situs/blog dengan flash. Itulah beberapa hal yang dikatakan Vinny Vijeykuumar (Ahli Google Analytics) yang saya ingat saat beliau memberikan seminar dalam even kopdar blogger nusantara di Sidoarjo beberapa bulan yang lalu.

3. Artikel yang Panjang

Tulislah artikel yang panjang, mengenail hal ini saya sudah sering membuktikannya, dimana artikel panjang akan sangat baik dan sangat kuat bertahan di SERP Google. Lain sekali jika kita menulis artikel pendek, mungkin saja akan bisa berada di halaman pertama Google, namun dalam beberapa hari akan bergeser ke halaman-halaman belakang.

Untuk menyesuaikan dengan apa yang diinginkan oleh Google panda saat ini, usahakan buat artikel minimal 400, hal itu juga sesuai dengan yang saya baca di blog sebagian pakar SEO.


4. Kerapatan Kata Kunci (Density Keyword)

Yang saya maksud kerapatan keyword disini meliputi, kerapatan kata kunci yang ada di dalam suatu artikel dan jumlah kata kunci blog kamu di internet. Artinya, pengulangan kata kunci anda sedapat mungkin tidak terlalu berjauhan namun tetap dalam kondisi wajar.


Buat juga subdomain dari blog kamu, misal blog kamu www.blogsiasep.com, maka buatlah subdomain blog.siasep.com, hal itu dilakukan untuk menambah jumlah kata kunci blog kamu di internet.


Perlu diperhatikan, terlalu sedikit keyword akan berdampak pada lemahnya daya saing artikel kamu, sedangkan jika terlalu banyak akan berdampak pada prosentase yang terlalu besar dalam keyword, hal itu akan menurunkan kualitas tulisan kamu dan otomatis akan kalah bersaing di halaman pertama Google.

Tentang hal ini saya sering membuktikan melalui kolom komentar artikel kontes. Jika kolom komentar kamu buka terus, maka akan ada puluhan kontestan lain yang meninggalkan komentar yang mengandung keyword (misal; pada nama anchor text-nya sekaligus dengan link-nya), maka dalam beberapa hari posisi artikelmu pasti akan turun. Jadi, bukalah komentar, namun batasi beberapa saja yang kamu tampilkan.


5. Maksimalkan paragraf awal

Trik ini sudah saya terapkan dalam beberapa artikel. Caranya, saat kamu membuat artikel usahakan buat sebagus mungkin dan se-seo mungkin pada paragraf awal (1 dan 2). Optimalkan penggunaan kata kunci pada paragraf pertama, karena mesin pencari biasanya menitikberatkan penilainnya pada paragraf pertama.

6. Link

Link adalah kekuatan sebuah blog/situs. Terapkan tehnik seo dengan melakukan interlinking atau internal linking, yaitu cara optimalisasi SEO dengan melink antar artikel dalam blog kita dan dengan artikel dalam subdomain blog kita. Masukkan juga link menuju halaman utama blog. Minimalkan link keluar (link menuju blog/situs lain).

Sekian sedikit pembahasan tentang trend teknik SEO tahun 2012. Saya tidak mengatakan ini adalah tepat 100%, namun paling tidak apa yang saya tuliskan diatas adalah hasil penelusuran yang saya dapatkan dari sumber-sumber terpercaya.


Semoga artikel ini bermanfaat.
Sumber = wahyu winoto

Tagged: